Penerangan dan Penyuluhan Hukum Sebagai Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum Pada Kejaksaan Negeri Jepara

Kesadaran hukum pada dasarnya ada pada diri setiap manusia oleh karenanya dalam asas hukum berbunyi “setiap orang dianggap tahu akan undang-undang” dan “ketidak-tahuan akan undang-undang tidak merupakan alasan pema’af”.

Diantara tugas mulia Kejaksaan adalah melakukan penerangan dan penyuluhan hukum. Kejaksaan Negeri Jepara secara reguler melakukan hal ini dalam rangka program pembinaan masyarakat taat hukum (BINMATKUM).

Kejaksaan Negeri Jepara telah melaksanakan Penerangan dan Penyuluhan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATKUM) tahun anggaran 2020 bertempat di Aula Balai Desa Tubanan, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Selasa (11/2).

Acara Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Tubanan, Perangkat Desa, Ketua RW, Ketua RT dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Pemuda Desa Tubanan, Kec. Kembang, Kab. Jepara dengan jumlah peserta sekitar 100 orang.

Dalam sambutannya Kepala Desa Tubanan, Kec. Kembang, Kab. Jepara menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian dari Kejaksaan Negeri Jepara yang telah menerjunkan tim penyuluh semoga nanti bisa memberikan manfaat kepada kami untuk lebih sadar hukum dan lebih paham masalah hukum selain itu agar kita semua benar-benar mendengarkan informasi-informasi yang akan disampaikan oleh tim penyuluh kepada kita semua karena kesempatan ini merupakan kesempatan yang jarang kita dapatkan oleh karena itu mari kita manfaatkan semaksimal mungkin.

Sebagai narasumber dalam acara sosialisasi tersebut adalah Kasi Intelijen Kejari Jepara Yoga Sukmana, SH. yang memberikan materi terkait UU Nomor 16 tahun 2004 tentang tugas pokok dan fungsi Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum di Indonesia. Jaksa fungsional bidang Intelijen Kejari Jepara Alfi Nur Fata, SH yang memberikan materi terkait terkait Program Jaga Desa, Tindak Pidana Dalam Masyarakat, Bahaya Narkoba dan Strategi Pencegahannya. Semarak giat penerangan dan penyuluhan hukum kali ini ditandai dengan antusias peserta dalam berinteraksi dengan narasumber. Lebih dari 10 pertanyaan beragam yang diajukan, para peserta dalam kegiatan tersebut yang bertanya seputar permasalahan hukum di tengah-tengah masyarakat.

author
No Response

Leave a reply "Penerangan dan Penyuluhan Hukum Sebagai Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum Pada Kejaksaan Negeri Jepara"