MUSRENBANGWIL JAWA TENGAH TAHUN 2020 WP WANARAKUTI – BANGLOR TAHUN 2020 DI KAB. JEPARA

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) Jawa Tengah tahun 2020 WP Wanarakuti – Banglor dengan tema Peningkatan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat didukung Penguatan Daya Saing Sumber Daya Manusia, Selasa (10/3/2020). Tahun 2021 merupakan tahun ke-3 dalam pelaksanaan RPJMD Jawa Tengah Tahun 2021.

Bahwa dengan adanya Musrenbangwil tersebut diharapkan dapat menjadi forum lintas daerah untuk bersinergi dalam mewujudkan pemerataan pembangunan, kesenjangan antar wilayah Kabupaten atau Kota secara komprehensif, terpadu, berkesinambungan serta meningkatkan konektivitas antar wilayah dan sinergitas antar pelaku, baik konektivitas antara satu Kabupaten dengan Kabupaten lain, terutama di daerah perbatasan antara Pemerintah Kabupaten dengan maupun Pemerintah Provinsi.

Dalam paparannya Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan capaian Pemkab Jepara diantaranya soal tingkat kemiskinan di Jepara yang terus turun. Tahun 2019 lalu, angkanya 6,66 persen dan dibawah angka kemiskinan Propinsi Jawa Tengah dan tingkat penganguran terbuka (TPT) di Jepara juga kini hanya sekitar 2,97 persen. Selain itu, untuk mendukung pelaksanaan Perpres 79 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi Kawasan, Pemkab Jepara membuat sejumlah kegiatan dan program seperti pembangunan embung Legonlele, pembangunan embung juga direncanakan di Desa Parang kecamatan Karimunjawa. Ada juga peningkatan reservoir di perkotaan Karimunjawa, pengembangan Bandara Dewandaru, pembangunan PLTS di Pulau Parang, Nyamuk dan Genting serta pembangunan rumah khusus di Jepara. “Dalam mendukung Perpres tersebut, di Kabupaten Jepara setidaknya terdapat sepuluh kegiatan yang dilaksanakan sampai tahun 2024 mendatang,” tandasnya

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan teleconference antara Ganjar Pranowo dengan Pemdes terluar Kab. Jepara yaitu Desa Parang, kec. Karimunjawa, Kab. Jepara.  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog langsung dengan Petinggi Desa Parang Muh. Zaenal Arifin dan sejumlah warga. Dalam dialog tersebut disampaikan beberapa usulan pembangunan diantaranya pembangunan dermaga, embung tadah hujan, penambahan kapasitas listrik hingga jaringan internet. Selain itu, mengusulkan pengadaan kapal ambulan sebagai sarana pelayanan kesehatan di desa tersebut serta penambahan guru pengajar di SMPN 2 Karimunjawa dan pembangunan gedung laboratorium komputer.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berjanji akan membangunkan gedung laboratorium komputer di sekolah tersebut. Sedangkan untuk pembangunan dermaga dan pengadaan ambulans, nantinya akan dikoordinasikan berkait besaran anggaran dan lainnya. Sementara itu, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan jika Pemkab melalui Sekretaris Daerah akan menyiapkan tambahan guru untuk mengisi kekurangan guru yang ada di Karimunjawa. “Tolong Pak Sekda untuk segera menyiapkan kekurangan guru tersebut,” tandas Andi Desa Parang sendiri merupakan desa yang berada di satu pulau yang berjarak sekitar 11 Mil atau 2 jam dari Pulau Karimunjawa. Saat ini, Desa Parang terdiri dari dua pedukuhan dan berpenduduk sekitar 1.205 jiwa.

author
No Response

Leave a reply "MUSRENBANGWIL JAWA TENGAH TAHUN 2020 WP WANARAKUTI – BANGLOR TAHUN 2020 DI KAB. JEPARA"