Kejari Jepara Musnahkan Ribuan Botol Miras, Rokok Ilegal, dan Sabu

JEPARA – Berbagai jenis barang bukti perkara kejahatan dimusnahkan di Kejaksaan Negeri Jepara kemarin. Ribuan botol minuman beralkohol dan ribuan batang rokok tak bercukai dihancurkan. Sementara barang bukti kejahatan narkotika dibakar.

Kepala Kejaksaan Negeri Jepara Saiful Bahri didampingi Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Jepara Noordien Kusumanegara mengatakan, pemusnahan tersebut, merupakan barang bukti kasus kejahatan sejak Juni lalu yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Beberapa barang bukti yang dimusnahkan terdiri dari perkara tindak pidana umum dan tindak pidana khusus terkait cukai. “Mulai dari sabu-sabu dan jenis narkotika lainnya, botol miras, dan rokok ilegal,” katanya.

Barang yang dimusnahkan dari perkara tindak pidana umum di antaranya sabu-sabu seberat 172,81 gram. Minuman berlakohol berbagai merk 3.964 botol. Dan enam jeriken miras jenis ginseng. Sedangkan pidana khusus undang-undang cukai berupa 16 karton rokok jenis SKM regular. Satu tray rokok jenis SKM regular. Dan 16 bale rokok batang LQ LUCKY.

“Pemusnahan barang bukti perkara kejahatan tersebut dengan penghancuran, dan pembakaran, agar tidak dapat digunakan lagi,” imbuhnya.

Pihaknya menjelaskan, pemusnahan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam memerangi narkoba dan miras serta bentuk kejahatan lain. Sehingga dapat tercipta kehidupan masyarakat yang aman, tertib, dan bebas miras serta narkoba.

Pemusnahan tersebut juga dihadiri jajaran Forkopimda Jepara. Asisten I Setda Jepara Abd. Syukur yang mewakili Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi merasa prihatin dengan adanya temuan barang bukti kejahatan itu. Hal ini menandakan masyarakat Jepara masih belum tertib. “Tapi kami bersyukur dengan dimusnahkannya barang bukti itu artinya meminimalisasi konsumsi barang haram dan ilegal tersebut,” ujarnya.

author
No Response

Leave a reply "Kejari Jepara Musnahkan Ribuan Botol Miras, Rokok Ilegal, dan Sabu"