Kejari Jepara Komitmen Wujudkan Zona Integritas Menuju WBK

Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK), serta wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM). Ikrar komitmen bersama ini dipimpin langsung Kajari Jepara Saiful Bahri serta ditirukan seluruh Jajaran staff di Kejaksaan Negeri Jepara, pada Kamis (19/3/2020) pagi.

Usai melaksanakan ikrar bersama, dilanjutkan dengan pembacaan maklumat pelayanan serta penandatanganan atau pakta integritas seluruh jajaran Kejari Jepara. Diawali dari Kejari Jepara Saiful Bahri dilanjutkan Kasubbagbin Bambang Sumarsono, Kasi Intel Yoga Sukmana, Kasi Pidum Dita Ardian, Kasi Pidsus Teguh Sukemi, Kasi Datum Yan Subiyono, Kasi Barang Bukti I Wayan Agus Wilayana dan seluruh Jaksa Fungsional di Kejari Jepara.

Dalam maklumat tersebut disampaikan, Kejaksaan Negeri Jepara siap memberikan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan. Apabila tidak memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Apabila kami tidak memberikan pelayanan terbaik, kami siap menerima sanksi,” ungkap Kejari.

Dikatakan Saiful Bahri, upaya ini merupakan sebuah kesungguhan untuk mencegah korupsi, kolusi dan nepotisme di jajaran Satya Adhi Wicaksana. “Saya tidak ingin hanya sekedar formalitas. Tetapi saya ingin seluruh pegawai Kejaksaan negeri ini berkomitmen mewujudkan WBK dan selanjutnya WBBM,” katanya.

Ada enam area perubahan yang harus dilaksanakan, yaitu perubahan manajemen, menajemen ketatalaksanaan, penguatan sumber daya manusia, penguatan pengawasan, dan menciptakan kualitas pelayanan publik. “Outputnya enam area perubahan adalah pelayanan terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Jepara,” kata dia.

Dikatakan Kejari, tanpa komitmen dan keinginan yang kuat untuk mengembalikan martabat serta kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum, keadilan yang menjadi dambaan publik saat ini akan sulit dicapai.

“Harus diakui saat ini terdapat berbagai hambatan dalam merealisasikan keinginan masyarakat akan perubahan Kejaksaan yang lebih baik. Mengingat masih ada oknum Kejaksaan yang melakukan tindakan tidak terpuji yang telah melukai hati masyarakat pencari keadilan. Sehningga sedikit banyak mempengaruhi wibawa dan citra Kejaksaan secara keseluruhan,” tutur dia.

Penerapan zona integritas ini, menurutnya adalah formulasi yang tepat untuk dapat mengembalikan dan meningkatkan wibawa serta citra Kejaksaan Negeri Jepara. Dengan mengamalkan pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi, diiringi keberhasilan pelaksaan reformasi birokrasi Kejaksaan secara sungguh-sungguh dan konsiten dalam supremasi hukum.

“Sehingga diharapkan terwujud penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai dengan harapan masyarakat dapat tercapai,” katanya.

author
No Response

Leave a reply "Kejari Jepara Komitmen Wujudkan Zona Integritas Menuju WBK"