Buron Dua Tahun, Mantan Kades Mindahan Kidul Diringkus Kejari

TETAP SENYUM: Nurudin, mantan kades Mindahan Kidul, Batealit, Jepara, keluar dari Kejari Jepara menuju Rutan Jepara menjalani penahan kemarin.

Mantan Kepala Desa (Kades) Mindahan Kidul, Batealit, Nurudin ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara kemarin. Ia ditangkap usai menjadi buron dua tahun atas kasus korupsi dana bantuan ternak sapi. Penangkapan Nurudin berlangsung pada Kamis (19/9) sore.

Kasi Pidana Khusus Kejari Jepara Teguh Sukemi mengatakan, pihaknya kembali melanjutkan proses hukum yang sempat terhenti pada 2016 lalu. Sebab, Nurudin melarikan diri ke Malaysia, sehingga ditetapkan sebagai buron.

Setelah mendapatkan informasi keberadaan Nurudin, pihaknya melaksanakan penangkapan. Kasus yang menjerat Nurudin ini, berhubungan dengan bantuan dari Kementerian Pertanian untuk Kelompok Tani Makmur Desa Mindahan Kidul, Batealit. Bantuan dari Kementerian Pertanian itu, senilai Rp 250 juta berupa uang tunai untuk dibelanjakan sapi. Bantuan itu direalisasikan pada 2012.

Pada 2014, Kejari Jepara melaksanakan penyelidikan berdasarkan laporan masyarakat. Yakni terjadi penyimpangan dana bantuan. Sebab, setelah dicek dinas terkait, hanya dibelajakan enam ekor sapi. Dua ekor sapi mati. Tinggal empat ekor. Setelah menjalani pemeriksaan, 2016 dihentikan sementara. Karena Nurudin melarikan diri ke Malaysia. ”Dengan bantuan beberapa pihak dan informan, pelaku berhasil kami tahan. Kemudian ditetapkan sebagai tersangka,” katanya.

Nurudin tidak mampu mempertanggungjawabkan dana bantuan tersebut selaku pengguna anggaran. Pada rencana usaha kelompok ada rincian pembelian sapi potong jantan delapan ekor, sapi potong betina 20 ekor, sarana kandang, pakan, dan vitamin. Juga ada biaya administrasi pelaporan.

”Pada saat ada tim monitoring dari dinas meninjau lokasi tidak sesuai dengan rincian tersebut. Sisanya ke mana? Digunakan untuk kepentingan pribadi Nurudin,” katanya.

Atas perbuatan pelaku, disangkakan dengan tindak pidana korupsi dengan tuntutan hukuman minimal empat tahun penjara. Usai ditetapkan tersangka, Nurudin memakai rompi tahanan dan diantar ke Rumah Tahanan (Rutan) Jepara. ”Selanjutnya, beberapa saksi kami dalami untuk pengembangan pemeriksaan,” tandasnya.

author
No Response

Leave a reply "Buron Dua Tahun, Mantan Kades Mindahan Kidul Diringkus Kejari"